Categories
Mahasiswa News Blog

Dukung Minat Mahasiswa Terkait Isu Digital, Program Studi Ilmu Komunikasi Gelar Kuliah Umum Metode Riset Digital

Pontianak – Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tanjungpura (Untan) menyelenggarakan kuliah umum bertajuk “Metode Riset Digital” pada Kamis, (17/10). Kegiatan yang berlangsung di Aula Magister FISIP Untan ini dihadiri oleh mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi dan Antropologi Sosial, serta menghadirkan narasumber terkemuka di bidang riset digital, yaitu Dr. Rulli Nasrullah, M.Si dan Suharjo Nugroho.

Kuliah umum ini digelar sebagai respons terhadap meningkatnya minat mahasiswa dalam melakukan penelitian terkait isu-isu digital. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi, Dr. Netty Herawati, M.Si, sebagian besar mahasiswa tertarik pada masalah riset yang berbau digital, namun masih menggunakan metode penelitian konvensional.

“Kehadiran kedua narasumber ini diharapkan dapat memberikan solusi bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan metode riset digital pada penelitian mereka,” ujar Dr. Netty.

Dalam materinya, Dr. Rulli Nasrullah memaparkan pentingnya memahami konsep-konsep dasar dalam riset digital, seperti media, sosial, teknologi, dan budaya. Beliau juga menjelaskan berbagai fase penelitian dalam konteks media sosial serta karakteristik kerja komputer pada berbagai platform media sosial.

Sementara itu, Suharjo Nugroho, selaku konsultan public relation, menekankan pentingnya riset dalam dunia komunikasi dan kehumasan. Beliau berbagi pengalaman dan strategi dalam melakukan riset untuk mendukung kegiatan komunikasi, seperti strategi komunikasi, stakeholder mapping, dan lain-lain.

Dekan FISIP Untan juga menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kuliah umum ini. Beliau berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas mahasiswa dalam melakukan analisis data dan informasi digital.