Pontianak, 7 Desember 2025 – Pekan ini Commweek kembali hadir dengan agenda Commweek Creative Sparks yang berarti “Percikan Kreativitas” berlangsung selama 2 hari. Agenda ini merupakan salah satu rangkaian Commweek 2025 ke-empat yang berisi lomba meliputi lomba videografi, desain infografis, fotografi dan orasi bertujuan membangun kepercayaan diri serta melatih keberanian menyampaikan pesan melalui karya.

Pada saat hari pertama Creative Sparks yang merupakan penilaian lomba orasi dan fotografi, menghadirkan juri-juri yang kredibel di bidangnya. Lomba orasi yang dinilai oleh Pricilla Pascadeany Frelians, S.I.Kom.,M.I.Kom, Josner Tadeo, S.I.Kom, Asyila Kamila Zahra, dan juga juri fotografi yakni, Benediktus Ryan, Farid Hudya Ramanda, S.I.Kom, dan Ihfa Nugraha. Juri yang dihadirkan merupakan dosen, mahasiswa, dan juga alumni Ilmu Komunikasi FISIP UNTAN.
Peserta (mahasiswa baru) menampilkan karya-karya fotografi yang bertema Passion Through The Lens, sebuah tema yang menampilkan passion seseorang akan sesuatu. Pada lomba orasi, ini menjadi kesempatan bagi peserta mahasiswa baru untuk melatih kemampuan public speaking, terlebih lagi temanya adalah The Importance of Being Confident yang mendorong mereka untuk berani bersuara dan percaya diri. Pricilla Pascadeany Frelians, S.I.Kom., M.I.Kom, mengatakan bahwa, “peserta sudah memiliki potensi dan kemampuan yang cukup, hanya saja karena adanya penjurian, membuat mereka merasa ada pressure tertentu. Tapi overall, semuanya sudah menyampaikan dengan sangat baik dan punya skill yang mumpuni.”
Juri fotografi, Ihfa Nugraha, juga menyampaikan saran untuk para peserta mahasiswa Ilmu Komunikasi 2025 untuk meningkatkan skill, meningkatkan kemampuan mereka terutama didalam bidang fotografi.
Agenda dilanjutkan pada hari kedua dengan penjurian desain infografis yang dinilai, Fhena Annisa M.I.Kom, Dastin Faiz Pordadi, Muhamad Irwansyah. Peserta mahasiswa baru ilmu komunikasi membuat infografis dengan tema Your Voice Matters dan kemudian hasilnya di presentasikan di depan para juri. Dastin Faiz Pordadi juga mengatakan bahwa para peserta desain infografis sudah memiliki potensi, dan jika nanti dikasi kesempatan lebih banyak lagi menjadi mahasiswa di semester atas bakal menemukan pengalaman-pengalaman yang bakal nuntun mereka ke dunia-dunia kreatif.
Pada saat yang bersamaan juga dilakukan penjurian lomba videografi yang bertemakan Be Brave Be you dimana para peserta mahasiswa ilmu komunikasi 2025 menghasilkan karya-karya yang membahas suatu isu lalu akan mereka posting di akun media sosial pribadi masing-masing. Salah satu juri videografi yaitu, Muhammad Rifqi Saputra juga mengapresiasi para peserta mahasiswa baru ilmu komunikasi karena berani untuk mengambil format videografi yang berbeda dari peserta Commweek pada tahun-tahun sebelumnya dengan eksekusi yang bagus, pengambilannya gambarnya ciamik, dan editingnya juga bervariasi. Menurutnya, teman-teman angkatan 2025 bisa lebih lagi untuk membuat karya yang bisa diikuti dilomba-lomba yang lebih besar lagi.
Dengan melihat ambisi dan antusias peserta mahasiswa baru ilmu komunikasi 2025 yang sudah menghasilkan karya-karya yang sangat luar biasa, harapannya dapat meningkatkan kepercayaan diri untuk setiap peserta tanpa takut untuk menampilkan karyanya kepada publik dan meningkatkan skill yang sudah didapat selama berlangsungnya agenda Commweek 2025.
Narasi/Foto: Humas/Media COMMWEEK 2025