Capaian Pembelajaran dan Kajian Ilmu Komunikasi

Capaian Pembelajaran Bidang Studi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM, 2017)

Sikap

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungj awab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
  11. menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dengan menghasilkan produk isi pesan komunikasi, kajian bidang komunikasi, dan program komunikasi yang memberi manfaat bagi masyarakat dan sesuai dengan norma hukum, norma sosial dan etika yang berlaku.

Penguasaan Pengetahuan

  1. konsep teoritis ilmu komunikasi secara umum;
  2. konsep teoritis komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, dan komunikasi massa secara mendalam;
  3. konsep teoritis berbagai media (saluran) komunikasi, yang meliputi media cetak, media elektronik (audio/audio-visual), dan media digital;
  4. konsep, kaidah, dan proses pengembangan isi pesan untuk mencapai berbagai tujuan komunikasi menggunakan beragam jenis saluran komunikasi;
  5. konsep, kaidah, dan proses penyusunan rencana dan implementasi program komunikasi;
  6. konsep, kaidah, dan proses penelitian komunikasi menggunakan berbagai metode penelitian komunikasi kuantitatif maupun kualitatif dengan pendekatan monodisipliner;
  7. konsep umum dan metode aplikasi etika dalam proses komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, dan komunikasi massa;
  8. sejarah perkembangan, penggunaan, dan dampak teknologi di bidang komunikasi dan media; dan
  9. pengetahuan faktual tentang jenis dan regulasi penyiaran, pers, jurnalistik, periklanan, informasi publik, dan Informasi dan Transaksi Elektronik.

Keterampilan Khusus

  1. mampu memproduksi isi pesan isi pesan untuk berbagai tujuan komunikasi menggunakan berbagai jenis saluran komunikasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan sesuai dengan norma hukum, norma sosial, dan etika yang berlaku;
  2. mampu membuat kajian atau analisis atas masalah atau isu komunikasi interpesonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi dan komunikasi massa menggunakan konsep dan teori komunikasi yang relevan;
  3. mampu menjalankan program komunikasi untuk mencapai tujuan melalui tahap perencanaan, implementasi, dan evaluasi pelaksanaan program komunikasi;
  4. mampu menjalankan kegiatan penelitian di bidang komunikasi menggunakan berbagai metode penelitian komunikasi kuantitaif maupun kualitatif dengan pendekatan monodisipliner; dan
  5. mampu menyusun tulisan ilmiah di bidang komunikasi sesuai dengan kaidah ilmiah yang berlaku dan mempublikasikannya dalam berkala ilmiah dan/atau forum pertemuan ilmiah.

Keterampilan Umum

  1. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Kajian Keilmuan

Jurnalistik

Profil Lulusan:
Program Studi ini mencetak sarjana ilmu komunikasi dengan spesialisasi jurnalistik yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menulis, mengedit, mendesain dan memproduksi berita dalam kerangka etika dan hukum media massa. Lulusan program studi ini juga diharapkan memiliki kesadaran teknologi yang mempengaruhi praktik jurnalistik yang berlaku dalam berbagai situasi dan saluran media massa, mulai surat kabar, penyiaran radio, penyiaran televisi hingga surat kabar/majalah elektronik. Bidang pekerjaan utama lulusan
program ini adalah menjadi jurnalis/wartawan baik media cetak maupun elektronik. Profil Lulusan Kajian Jurnalistik adalah Periset Media, Fotografer, dan Pengajar Jurnalistik.

Keterampilan Khusus :

  1. Mampu menghasilkan produk jurnalistik yang tidak memberikan dampak yang dapat menimbulkan keresahan khalayak, karena bertentangan dengan norma hukum, norma sosial dan etika yang berlaku
  2. Memiliki kesadaran dan pengetahuan etis, sistem hukum pers dan sistem kehidupan sosial masyarakat
  3. Mampu menghasilkan produk jurnalistik yang mencerminkan : netralitas dan kebenaran (impartiality, and truthfulness), kebaruan, kepentingan, ketepatan, keunikan berita yang mempunyai dampak yang luas, pemikiran kritis, skeptis, dan kedalaman analisis pembuat berita, keakuratan sumber berita, kelengkapan dan kemanfaatan berita, etika jurnalistik, dan standar penulisan
  4. Mampu memilih media yang paling tepat dan terbaik dalam upaya meningkatkan nilai berita dan jangkauan pemberitaan
  5. Mampu menganalisis pengaruh sejarah, ekonomi, politik, hukum atau aturan pemerintah terhadap iklim jurnalisme dan kebebasan berbicara;
  6. Mampu menulis, mengedit, mendesain dan memproduksi berita dalam berbagai jenis dan konteks yang disalurkan melalui media massa dengan berdasarkan teori komunikasi massa dan prinsip-prinsip praktik jurnalistik;
  7. Mampu mewawancarai sumber berita secara eksploratif, serta dapat menggunakan teknologi komunikasi, informasi dan fotografi untuk mengoptimalkan praktik jurnalistik;
  8. Mampu melakukan persuasi dan komunikasi antarpribadi dalam menjalin hubungan dengan sumber berita.
  9. Memiliki pengetahuan komunikasi massa dan keterampilan melakukan berbagai teknik riset media massa

Hubungan Masyarakat

Profil Lulusan :

Lulusan program studi ini diharapkan memiliki pemahaman menyeluruh tentang aspek teoritis dan praktis dari pekerjaan Hubungan Masyarakat dalam berbagai setting organisasi, memiliki keterampilan komunikasi lisan dan tulisan, serta terampil dalam melakukan riset opini publik, pencitraan, pemecahan masalah, dan kampanye untuk mengembangkan hubungan dengan berbagai publik terkait. Profil lulusan kajian humas adalah Public Relations Officer, PR Consultant, Public Opinion Researcher.

Keterampilan Khusus :

  1. Mampu menciptakan pengertian publik yang lebih baik dan pencitraan yang tidak memberikan dampak yang dapat menimbulkan keresahan khalayak, karena bertentangan dengan norma hukum, norma sosial dan etika yang berlaku, dalam upaya memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu/organisasi melalui riset opini publik dan kampanye terbatas;
  2. Mampu mendesain, melaksanakan dan mengevaluasi program hubungan masyarakat dalam berbagai bentuk pada berbagai jenjang organisasi;
  3. Memiliki kemampuan komunikasi lisan, menulis, melakukan riset, merencanakan dan menangani krisis komunikasi, konflik dan masalah komunikasi korporat.
  4. Mampu mengelola media dan program komunikasi kehumasan internal dan eksternal organisasi;
  5. Mampu membangun hubungan dengan komunitas media, pemerintah, swasta, dan lembaga swadaya masyarakat dengan menggunakan keterampilan komunikasi dan memanfaatkan teknologi komunikasi
  6. Mampu mengidentifikasi, menganalisis isu-isu terkini yang strategis, dan menyusun alternatif solusi di bidang kehumasan.
  7. Memiliki kemampuan melakukan riset opini publik, citra dan kampanye untuk mengembangkan hubungan berdasarkan goodwill.
  8. Memiliki komitmen bekerja secara etis untuk mengembangkan model kerja humas yang profesional.