Categories
Kewirausahaan Mahasiswa IKOM Pendidikan

Program Studi Ilmu Komunikasi Mengadakan Sosialisasi dan Pembekalan Praktikum Kewirausahaan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2020

Program studi Ilmu Komunikasi FISIP Untan telah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan pembekalan praktikum kewirausahaan untuk mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2020 pada tanggal 3 Februari 2022 di Laboratorium Komunikasi dan Multimedia Universitas Tanjungpura. Kegiatan ini dihadiri oleh dosen Ilmu Komunikasi, Dewi Utami, S.IP, M.S., serta Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2019, Tiara Nur Anisa dan Bataraslie Julyan Perdana untuk berbagi pengalaman dengan para peserta yang akan melaksanakan praktikum kewirausahaan ini.

Sebagai mata kuliah wajib, maka sosialisasi dan pembekalan ini penting dilaksanakan untuk memberikan pembekalan mengenai gambaran dan langkah-langkah prasyarat yang harus di penuhi untuk melaksanakan praktikum kewirausahaan ini di semester 6 mendatang bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2020.

Kegiatan sosialisasi dan pembekalan ini merupakan langkah awal sebelum kemudian mahasiswa mulai membuat dan mengumpulkan proposal, pembagian pembimbing, pelaksanaan wirausaha, hingga kemudian pembuatan dan pengumpulan hasil laporan.

Dan pada dasarnya praktikum kewirausahaan ini tidak hanya bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam hal berwirausaha melainkan juga melatih bagaimana managemen komunikasi antar sesama anggota kelompok, managemen komunikasi dengan konsumen, managemen keuangan, melatih kreatifitas dalam melihat dan berinovasi dengan adanya trend di masyarakat untuk dijadikan ide usaha, dan masih banyak lagi manfaat yang diharapkan dapat diperoleh oleh mahasiswa.

Selain pembekalan untuk pelaksanaan praktikum kewirausahaan yang diisi oleh Dewi Utami, S.IP, M.S., kegiatan ini juga diisi dengan sharing session dari mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2019 yang sebelumnya sudah berpengalaman melaksanakan praktikum kewirausahaan ini.

Menurut Julyan dalam penentuan ide usaha sendiri dapat dilihat dari fenomena yang sedang terjadi di masyarakat serta peluang apa yang dapat diambil.

“Untuk ide usaha sendiri, kita bisa mencoba melihatnya dari fenomena yang sedang terjadi dimasyarakat yang kemudian kita lihat juga peluang apa yang dapat kita ambil berdasarkan fenomena yang terjadi tersebut,” ujar Julyan

Selanjutnya Tiara juga menambahkan bahwa selain strategi pemasaran penting juga untuk memiliki strategi komunikasi dalam berwirausaha.

“Strategi komunikasi yang dapat kita terapkan ialah interaktif, informatif, dan persuasif. Penting untuk kita dapat membangun komunikasi dua arah dengan konsumen, dan juga mencoba untuk memberikan informasi-informasi yang edukatif. Misalnya mengenai kandungan dan manfaat dari produk yang kita jual, serta yang juga penting adalah membangun komunikasi persuasif,” tambah Tiara.